5 Tips Ampuh Merawat Baterai Lipo Hingga Tahan Bertahun-tahun


Batre lipo alias lithium Polymer atau biasa disebut juga LIPOLY adalah sumber tenaga bagi banyak RC hobby dan modelling. Mulai dari RC drone, pesawat, kapal dan mobil. Ada puluhan bahkan mungkin ratusan macam merk, type dan spesifikasi batre lipo. 

Batre lipo termasuk jenis batre yang butuh perhatian ekstra dibandingkan jenis NiCd, NiMh, Pb dan seterusnya. Tidak jarang dari kita punya kebiasaan yang buruk dalam merawat baterai. Karena salah-salah penanganannya, maka bisa berakibat fatal, bisa menggembung bahkan meledak. Berikut ini ada beberapa Tips ampuh merawat baterai lipo hingga tahan bertahun-tahun. Tips yang kami berikan ini bisa diterapkan di semua perangkat RC Anda.


1. Mengisi Baterai Lipo dengan benar


Dalam hal pengisian baterai Lipo Anda, sangat penting untuk tidak pernah meninggalkan Lipo saat mengisi tanpa pengawasan, saya sering mendengar banyak kejadian kebakaran. Dimulai karena user yang tidak memonitor baterai mereka selama pengisian. Sebagian besar waktu kebakaran disebabkan karena b-grade baterai Lipo yang digunakan rendah. Jika Anda menggunakan merek premium seperti baterai Lipo GensAce, Turnigy Graphene Anda tidak perlu khawatir, karena mereka memiliki semua tes keamanan yang ketat, menjalani dan memiliki sertifikasi untuk membuktikannya. Di sini saya akan membahas beberapa panduan yang harus Anda ikuti saat pengisian baterai Anda.

Sebelum kita masuk ke panduan pengisian baterai, saya mengasumsikan Anda menggunakan charger baterai Lipo. Jika Anda tidak tahu banyak tentang cara mengisi daya baterai Lipo lihat panduan Lipo charger kami.

  1. OverCharge. Voltasi Li-Po maximum 4,2 Volt. Pakailah charger yang bagus, karena usia Lipo sangat di tentukan oleh charger. 
  2. Jangan meninggalkan Li-Po saat di charge dan jangan charge saat hendak tidur.
  3. Selalu mengisi baterai Anda di 1C atau kurang. Banyak charger memungkinkan Anda untuk mengatur tingkat pengisian, meskipun sebagian besar baterai dapat mendukung hingga tingkat charge 5C (yang membuat pengisian baterai jauh lebih cepat). Tapi tetap saja, cara yang tepat untuk mengisi baterai di 1C atau kurang. Alasannya, karena bahan kimia di dalam baterai Anda akan mendapatkan energi lebih lambat yang membuat mereka lebih stabil dan pada akhirnya baterai Anda akan memiliki kehidupan yang lebih lama dalam hal siklus charge / discharge.
  4. Jangan langsung charge setelah selesai bermain. Ini juga paling sering dilakukan. Li-Po akan hangat dan bahkan panas saat tenaganya dikuras habis, diamkanlah setidaknya 10-15 menit agar panasnya berkurang setelah itu baru boleh di charge.
  5. Pastikan jumlah sel dan jenis baterai diatur dengan benar pada charger Anda, agar sesuai dengan jumlah sel dalam baterai Anda. - Ini hanya berlaku untuk charger yang lebih canggih.
  6. Jangan simpan Li-Po di dalam suhu ruangan yang panas, karena li-po bisa gembung dengan sendirinya dan kehilangan arus. Cobalah untuk mengisi baterai Anda di lokasi yang tahan api, atau di lipo tas yang aman. - Ini hanya memberikan lapisan perlindungan ekstra
  7. Jangan pernah mengisi baterai yang rusak -  Jangan charge jika baterai gelembung (bengkak) atau memiliki tanda-tanda baterai tersebut sudah rusak
  8. Pakailah LiPO dengan spek sesuai yang diinginkan RC Anda


2. Pilih merk yang terbukti menjadi rekomendasi banyak user


Pilih merk yang terbukti menjadi rekomendasi banyak user, atau sering dipakai dalam kompetisi dunia. Jenis ini biasanya lebih mahal, tapi ada harga..ada rupa bukan? Jangan terlalu yakin dengan jumlah mAh yg tertera pada kemasan sebuah batere, karena kadang belum tentu kapasitas didalamnya sama persis dengan yg tertulis di kemasan. Kadang ada juga beberapa merk batere yg justru lebih besar kapasitasnya daripada yg tertulis. untuk mengetahuinya harus menggunakan DIGITAL BALANCE CHARGER seperti Imax B6, Turnigy Accucel dsb...


3. Pilih kapasitas discharge rate yg paling besar


Pilihlah kapasitas discharge rate yang paling besar, karena makin besar kapasitas, maka makin lama memainkannya, artinya akan mengurangi seringnya mengecas batre. Maka cell nya pun awet. TAPI perlu juga diperhatikan, besar angka C batre ini juga harus disesuaikan dengan motor dan ESC yg dipakai, jangan asal memilih batere dengan C besar sedangkan ESC nya kurang dari 60A.


4. Menyimpan baterai di Lipo Safe Bag


Seperti Telah disebutkan sebelumnya, baterai Lipo memiliki range tegangan per sel untuk bahan kimia agar tetap stabil. Namun ketika ada tempat penyimpanan Lipo baterai Seperti Lipo Safe Bag. Ada beberapa tips terbaik untuk memastikan Anda mendapatkan hasil maksimal untuk siklus hidup Lipo Anda.

Anda harus selalu menyimpan baterai Anda di 3.8V per sel (charge 40% sampai 50%). Inilah sebabnya mengapa setiap kali Anda menerima baterai, hanya akan terisi setengah. Jika Anda terbang secara teratur (tiap beberapa hari) hal ini tidak terlalu penting, karena tidak akan memiliki efek yang nyata jika dibiarkan terisi penuh selama beberapa hari, tetapi jika menyimpan selama seminggu atau lebih Anda harus memastikan itu adalah di sekitar biaya 50%.

Selalu simpan baterai di tempat yang tahan api. Anda bebas dapat menggunakan Lipo safe bag yang terbuat dari bahan tahan api. Pastikan baterai disimpan pada suhu ruangan. Beli Lipo Safe Bag disini!


5. Menggunakan LIPO BUZZER


Gambar diatas adalah alat pendeteksi voltase baterai dan membaca cellnya yang aktif. Bisa digunakan untuk cek sisa voltase di semua cell batere sekaligus cek keseimbangan voltase di setiap cell baterai. Alat ini bisa juga diprogram untuk memberi peringatan alarm dengan bunyi yang sangat keras, pada saat baterai sudah dalam keadaan habis (discharged). Benda yang Kecil, murah, nampaknya sepele.... tapi sangat berguna! Beli Lipo Safe Bag disini!

Bagaimana, Apakah Artikel ini membantu anda? Silahkan Share dan berkomentar di kolom yang tersedia. 

Baca juga :

Write a comment

Please login or register to comment