Memilih Radio Transmitter sebelum Merakit Drone


  


 

    Transmitter  (TX) dan receiver (RX) menjadi salah satu barang pertama yang harus dimiliki sebelum merakit Drone Racer , Quadcopter, pesawat rc maupun Merakit RC lainya . Hal ini terkadang  dapat membingungkan para pemula RC bagaimana Memilih Radio Transmitter sebelum merakit . Untuk itu pada artikel singkat kali ini kamiakan menjelaskan bagaimana memilih Radio Transmitter yang benar dan agar tidak salah memilih .

Apa itu Transmitter dan Receiver ?

    Radio Transmitter  (pemancar radio  atau TX)adalah perangkat yang memungkinkan pilot mengendalikan pesawat, Drone ,Aircraft maupun  RC yang lain tanpa memerlukan kabel. Sinyal / perintah kemudian diterima oleh penerima radio (RX) yangterhubung ke Flight Controller . dibawah ini hal-hal yang perlu kita perhatikan sebelum membeli Transmiter.

1. Channel

    Jumlah saluran menentukan berapa banyak aksi yang dapat dikendalikan pada Drone, pesawat atau Quadcopter yang dapat dikendalikan. Misalnya, throttle, yaw , pitch, dan roll,masing-masing membutuhkan 1 channel. Dan seperti yang Anda ketahui ,dibutuhkan minimal empat channel untuk mengendalikan quadcopter yaitu digunakan untuk mengendalikan (pitch, roll, throttle,yaw). Tapi untuk kelas hobi quadcopters yang lebih besar , kita biasanya  membutuhkanlebih banyak saluran untuk mengontrol gimbal , servo dan sebagainya.

Secara umum dianjurkan untuk memilikisetidaknya 5 atau 6 channel untuk quadcopter, Drone maupun RC Plane . Saluran 1 atau 2 lainya dapat digunakan untuk menghidupkan/mematikan atau beralih untuk mode penerbangan yang berbeda.

2. Mode

memilih radio transmitter sebelum merakit drone 

    Ada 4 mode TX yangberbeda yaitu  mode 1, mode 2, mode 3 dan mode 4. pada dasarnya yang membedakan adalahkonfigurasi yang berbeda dari 2 stick  kanan dan kiri . Mode satu memiliki kontrolelevator pada stick kiri dan throttle pada stick kanan. Mode dua adalah yangpaling umum untuk quadcopter karena satu stick sudah mewakili pergerakan quadcopter Anda.yaitu kontrol lift pada stick kanan dan throttle motor di bagiankiri.  stick kanan berada di kedua sumbu, sedangkan stick kiri hanyaberpusat pada sumbu yaw (arah kiri / kanan) slide di sumbu throttle (atas /bawah) untuk memungkinkan throttle konstan . sedangkan mode 3 dan mode 4 sudah sangatjarang di gunakan dalam dunia RC aircraft. untuk itu pilihlahTransmitter dengan mode 2 atau mode 1 untuk Aircraft semacam Drone FixWing dan sebagainya .

 

3. Frekuensi

    Sistem 2.4GHz adalahteknologi yang baru, dan saat ini merupakan frekuensi yang paling populeruntuk Aircraft maupun ground RC hal ini menjadi standar RC setelah dibuatnyaprotokol baru yang memperkenalkan teknologi frequency hopping yang memungkinkanpengguna menjadi tidak perlu khawatir tentang memilih frekuensi atau menjadi kacau atas channel sama dari pilot lain. Antena lebih kecil dan lebih mudah dibawa, tapibiasanya dengan jarak yang lebih pendek dibanding frekuensi 27 / 72Mhz.

 

    Semua produsen RadioTransmitter beralih ke protokol hopping channel baru yang membuat RC sangatmudah dirawat dan digunakan. Perangkat lunak yang diperbarui terus-menerus untuk memindai frekuensi terbaik yang digunakan dan jika mendeteksi adanya gangguan,secara otomatis beralih ke saluran lain yang tersedia. Hal ini dilakukanberkali-kali per detik sehingga Anda tidak pernah mengalami gangguan glitchesatau radio yang merupakan masalah besar di industri RC selama bertahun-tahun.

 

4. Radio Receiver

“Receiver”

    Pemancar pada umumnya dilengkapi dengan  Receiver Penting untuk diketahui bahwa TX hanya bekerjadengan penerima radio (alias RX) dari produsen yang sama dengan frekuensi yang sama serta protokol yang sama pula . Misalnya, jika Andamembeli  Transmitter Frsky Taranis, Anda harus menggunakan receiver Frsky , atau receiver Frsky yang compatible lainnya. Jadi sebelum membeli Receiver baca dahulu spesifikasi Receiver tersebut apakah compatible dengan Transmitter yang kita punyai/beli  .


 

Bagaimana menentukan receiver ? 

 

    Terdapat pertimbangantentang protokol penerima yang digunakan dan teknologi yang diterapkan ,seperti PWM, PPM dan SBUS. Secara umum, SBUS lebih baik daripada PPM ,sementara keduanya lebih baik dari pada PWM karena jumlah koneksi yangdibutuhkan.  untuk itu direkomendasikan untuk memilih receiver yangmendukung ppm dan pwm atau pwm dan sbus serta sesuaikan dengan kebutuhan misaluntuk  Drone Racer pilih yang ukuranya kecil dan mendukung protokol ppmdan atau SBUS Daftar Receiver SBUS CPPM terbaik

 


Baca juga


Simak Juga Video-video kami





    Write a comment

    Please login or register to comment